VISI DAN MISI

SARANA EDUKASI POLITIK WARGA DARI SUDUT PANDANG BERBEDA

Saturday, July 28, 2012

Siapa Sesungguhnya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok



Siapa Sesungguhnya Basuki Tjahaja Purnama alias Zhong Wan Xie alias Ahok
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok alias Zhong Wan Xie memulai karir politiknya di Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PPIB) yang didirikan alm. Syahrir. Dan pernah menjabat Ketua DPC Partai PIB Kabupaten Belitung Timur. Melalui parpol PPIB inilah Ahok bisa menjabat anggota DPRD Belitung Timur untuk masa bakti 2004-2009. Masa jabatan sebagai legislator belum berakhir, Ahok mencalonkan diri menjadi Bupati Belitung dan terpilih kurun 2005-2010.


Kurang puas menjabat bupati, Ahok mengikuti pilkada gubernur Babel pada tahun 2007. Tidak kerasan di PPIB, Ahok pindah ke Partai Golkar untuk mendapat tiket ke Senayan pada pemilu legislatif 2009. Dari rekam jejak tersebut, kita bisa melihat Ahok atau beberapa politisi lainnya yang begitu mudahnya lompat pagar dari partai satu ke partai lain.

Amanah rakyat yang telah diberikan kepada Ahok dengan mudahnya dilupakan begitu saja. Belum selesai menjabat sebagai bupati Belitung Timur ingin menjadi gubernur. Gagal dalam pencalonan pilgub Babel, lompat ke Partai Golkar sebagai legislator. Tidak puas dengan itu, Ahok mencalonkan diri sebagai cagub di Jakarta nekad menjagokan dirinya sendiri, karena tidak didukung bulat oleh Partai Golkar. Kesal dengan itu, Ahok keluar dari Golkar dan kini menjadi anggota Partai Gerindra.

Bersanding dengan Jokowi, Ahok menanggalkan jabatannya sebagai anggota DPR RI, begitupun statusnya sebagai anggota Fraksi Partai Golkar. Ahok tidak pernah menamatkan  jabatannya yang merupakan amanah yang semestinya diselesaikan sampai akhir masa jabatannya.

Di pentas Pilkada DKI Jakarta, Ahok memainkan peran penting dalam memobilisasi kelompok etnik Tionghoa dan Nasrani. Melalui pendekatan etnik Tionghoa dan sentimen keagamaan, Ahok membungkus rekam jejaknya sebegitu rupa agar bisa mendapat dukungan. Entah apa yang dijanjikan Ahok kepada etnik Tionghoa dan Nasrani, yang jelas kedua kelompok ini belum mengetahui siapa sesungguhnya/latar Ahok sesungguhnya.

Informasi yang didapat dari Mantan Ketua DPRD Propinsi Babel Emron Pangkapi, Ahok termasuk Bupati Belitung Timur gagal. Selain mengumbar janji, saat menjabat Bupati Belitung Timur, tidak ada prestasi prestius yang pernah ditorehkan Ahok. Begitupun ketika Ahok menjabat anggota DPRD selama 1,5 tahun. Kinerja Ahok sebagai legislator juga tidak ada prestasi apapun. Tidak satupun Perda yang diusulkan oleh Ahok. Saat Ahok menjabat sebagai Bupati Belitung Timur selama 13 bulan, Ia meninggalkan hutang Pemda Belitung Timur dan kasus pembebasan lahan pelabuhan Manggar. Atas kasus ini, Ahok sempat dipanggil pihak Kejaksaan. Kasus ini kemudian dibantu oleh Yusril Ihza Mahendra.

Rekam Jejak (Politik) Ahok
Pemilu Legislatif 2004 ; Ahok terpilih menjadi Anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur dari Partai PIB untuk masa jabatan 2004-2009

Pilbup Belitung Timur 2005 ; Ahok mencalonkan diri sebagai Bupati Belitung Timur dalam Pilbup Belitung Timur pada tahun 2005 dan mendapat tiket dari PIB/PNBK dan beberapa partai kecil. Dan terpilih sebagai Bupati Belitung Timur untuk masa jabatan 2005-2010.

Pilgub Bangka Belitung 2006 ; Ahok menanggalkan jabatannya sebagai Bupati Belitung Timur dalam rangka mengikuti Pilgub Bangka Belitung 2006. Diusung oleh partai-partai kecil, namun kandas.
Pemilu Legislatif 2009 ; Setelah keluar dari PIB Ahok bergabung dengan Partai Golkar dan mendapat tiket menuju Senayan. Pada Pileg 2009 Ahok melaju ke DPR RI untuk masa jabatan 2009-2014.

Pilkada DKI Jakarta 2012; Awalnya Ahok ingin mengusung dirinya sendiri melalui jalur independen sebagai cagub independen pada Pilkada DKI Jakarta, setelah tidak mendapat tiket dari Partai Golkar. Setelah Prabowo memberi garansi, Ahok keluar dari Partai Golkar dan mendampingi Jokowi sebagai cawagub pada Pilkada DKI Jakarta.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.